Visi dan Misi

227

A. VISI

Visi berkaitan dengan pandangan ke depan menyangkut ke mana organisasi harus dibawa dan di arahkan agar dapat berkarya secara konsisten dan tetap eksis, antisipatif, inovatif, serta produktif.

Visi adalah suatu gambaran menantang tentang keadaan masa depan yang berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan suatu organisasi, jadi pada dasarnya adalah gambaran kondisi objektif yang ingin dicapai suatu organisasi di masa depan (jangka panjang) sesuai perkembangan lingkungan strategis, dengan indikatornya yang jangka panjang, ada tolok ukur dan target yang fleksibel.

Berdasarkan pengertian di atas maka disusunlah Visi Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Bone yaitu:
“Terwujudnya Hasil Penelitian dan Pengembangan yang Berkualitas untuk Bahan Masukan dalam Penetapan Kebijakan Strategis Pemerintah Kabupaten Bone”

B. MISI

Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh suatu organisasi sebagai visi yang telah di tetapkan atau suatu rumusan jawaban terhadap pertanyaan mengapa suatu organisasi itu ada.

Misi merupakan eksistensi organisasi yang dapat membedakan dengan organisasi lainnya dan merupakan perwujudan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi suatu organisasi.

Jadi misi pada dasarnya adalah merupakan peran yang diemban suatu organisasi sebagai suatu subsistem dari suatu sistem organisasi yang lebih besar.

Misi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bone adalah:

  1. Meningkatkan kualitas dam kuantitas penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan kajian dan telaah straregis dalam bidang-bidang Pemerintahan, Pembangunan, Ekonomi, Keuangan, dan Kemasyarakatan.
  2. Meningkatkan koordinasi kegiatan penelitian dan pengembangan di lingkungan Pemda Kabupaten dan Provinsi.
  3. Meningkatkan kerja sama penelitian dan pengembangan dengan lembaga penelitian dan lembaga lainnya (termasuk LSM) di dalam dan luar negeri.
  4. Meningkatkan kelembagaan dan ketatalaksanaan litbangda baik yang bersifat intern maupun yang bersifat ekstern dengan perangkat daerah lainnya di lingkungan Pemda Kabupaten.
  5. Memberdayakan kelembagaan dan ketatalaksanaan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bone.
  6. Meningkatkan profesionalisme tenaga peneliti di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah khususnya dan lingkungan Kabupaten Bone pada umumnya.
  7. Menyosialisasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangan.
  8. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dengan akurat, aktual, dan implementatif yang memberikan kontribusi nyata dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.
  9. Melaksanakan pengembangan dan penerapan (hasil penelitian dan pengembangan) dan teknologi serta kelembagaan melalui pendekatan kemandirian lokal.
  10. Meningkatkan peran penelitian dan pengembangan melalui kerja sama, fasilitasi, pembinaan, dan implementasi kegiatan.
  11. Meningkatkan intensitas koordinasi dan kerja sama antar lembaga dalam pelaksanaan penelitian dan pengembangan.