Balitbang Kabupaten Bone Gelar Seminar Penelitian

199

Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Bone menggelar Seminar Hasil Penelitian Perencanaan, Penataan dan Penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Watampone Kabupaten Bone, pada Selasa, 30 April 2019 di Novena Hotel Jln. Jend. Ahmad Yani Watampone.

Kepala Balitbangda Kabupaten Bone, Andi Ansar Amal, S.H., M.Si. dalam laporannya mengungkapkan pihaknya menghadirkan dua orang pakar ekonomi dari Unhas untuk memberikan pemaparan materi.

Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bone yang mencapai 9,44 persen ternyata memiliki dampak negatif. Khususnya keberadaan pedagang kakilima yang semrawut. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu memerlukan penelitian, pemikiran, dan solusinya.

“Peserta dari kegiatan ini adalah asosiasi pedagang kakilima dan pedagangnya, Camat, lurah, dan OPD terkait. Olehnya itu kami hadirkan pakar ekonomi dari Unhas,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bone, Drs. A. Gunadil Ukra, M.M. mewakili Bupati Bone mengungkapkan sebenarnya PKL menjadi pemacu pertumbuhan ekonomi di daerah ini.

“Peran PKL ini sangat penting hanya saja butuh penataan sehingga pertumbuhan ekonomi berjalan seiring dengan penataan kota,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan diskusi di mana para peserta mengungkapkan keluhan dan harapannya agar bisa mendapatkan tempat berjualan strategis.