oleh

OPTIMALISASI PELAPORAN INOVASI DAERAH MELALUI APLIKASI “LAPOR INDAH”

Inovasi Daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.  Inovasi Daerah bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Untuk mencapai tujuan sebagaimana dimaksud, sasaran Inovasi Daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Pelayanan Publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat  serta peningkatan daya saing Daerah.

Dalam hal inisiatif Inovasi Daerah yang berasal dari kepala Daerah, anggota DPRD, Perangkat Daerah, ASN dan anggota masyarakat sebagaimana dimaksud pada pasal 7 dalam Peraturan Pemerintah Republik  Indonesia Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, usulan Inovasi Daerah tersebut dilengkapi dengan proposal Inovasi Daerah yang diteruskan kepada Perangkat Daerah yang membidangi Penelitian dan Pengembangan.

Pada pasal 18 dalam Peraturan Pemerintah Republik  Indonesia Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah menyebutkan bahwa pelaksana inovasi daerah menyampaikan usulan dan hasil pelaksanaan seluruh tahapan inovasi daerah kepada Perangkat Daerah yang membidangi Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda).

Namun demikian, pelaksana inovasi daerah tersebut seringkali tidak menyampaikan data usulan dan hasil pelaksanaan Inovasi Daerah sesuai tahapan  yang semestinya di karenakan belum tersedianya sistem penyampaian data inovasi daerah yang efektif dan efisien.  Berawal dari permasalahan yang ada Perangkat Daerah yang membidangi Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) mencoba menggagas suatu aplikasi Pelaporan Data Inovasi Daerah Berbasis web “Lapor Indah”

aplikasi lapor indah di buat dengan tujuan agar dapat memudahkan pelaksana inovasi daerah dalam mengusulkan inovasi daerah yang akan dilaksanakan pada organisasi perangkat daerah masing-masing dan melaporkan hasil pelaksanaan inovasi daerah tersebut melalui aplikasi berbasis Web yang dapat diakses dimanapun..

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *