oleh

BUPATI BONE MEMBUKA SOSIALISASI INDEKS INOVASI DAERAH TAHUN 2021

Senin (28/06/2021), BALITBANGDA Kabupaten Bone menyelenggarakan Sosialisasi Inovasi Daerah yang dibuka langsung oleh Bapak Bupati Bone. Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Andi Makkasau Wisma Yulia II, ini diikuti oleh semua OPD, Kecamatan, Kelurahan / Desa, UPT Puskesmas se-Kabupaten Bone.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bapak Bupati Bone, DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terkait Indeks Inovasi Daerah. “Indeks Inovasi Daerah adalah himpunan inovasi daerah yang telah dilaporkan kepada Menteri dan untuk menaikan indeks tersebut, melalui KEMENDAGRI dilaksanakanlah Inovative Government Awards (IGA)”, jelas beliau.

Bupati Bone Dr. H.A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si mengungkapkan bahwa kabupaten Bone baru pertama kali ikut dalam kegiatan inovasi yang diselenggarakan Kemendagri, kabupaten Bone mampu berada pada posisi 132 dari 415 kabupaten se Indonesia sebagai Kabupaten Inovatif.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi Indek Inovasi Daerah 2021 ini diharapkan Pemerintah kabupaten Bone bisa mendapatkan nilai indeks inovasi yang baik baik sehingga mendapatkan peringkat sebagai Kabupaten Sangat Inovatif.

Kepala Balitbangda Bone Hj. A. Nurmalia, SH, MH selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa jumlah inovasi daerah yang dilaporkan Pemerintah Kabupaten Bone ke Kemendagri tahun 2020 sebanyak 11 inovasi yang berasal dari 9 Instansi.

Kategori Pelayanan Publik dan Kategori Produk Kewirausahaan

Sosialisasi ini juga dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada para juara loma Inovasi Daerah Tahun 2021 Kategori Pelayanan Publik dan Produk Kewirausahaan. Untuk Pelayanan Publik juara 1 diraih oleh Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah dengan inovasi Gemar Limas (Gerakan Masyarakat Lisu Massikola) Juara 2 diraih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan inovasi La’Mirape (Layanan Milik Para Peternak) Juara 3 diraih oleh Dinas Ketahanan Pangan dengan Inovasi Bank Sayur. Untuk Produk Kewirausahaan juara 1 diraih oleh Kelompok Siswa-Siswi Poltek Perikanan dan Kelautan dengan inovasi Sanabe (Seaweet Nature Beauty) juara 2 diraih oleh A. Muh. Iqbal Akbar Asfar,MT,M.Mpd dkk dengan inovasi Gula Cair dan Gula Recengan Berbahan Dasar Gula Merah Tebu, juara 3 diraih oleh Andi Anzari dengan inovasi Maggot Sebagai Alternatif Penguraian Sampah Organik dan Pakan Komersial. Hadiah diserahkan langsung oleh Bapak Bupate Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi paparan yang dipimpin oleh Kepala Balitbangda Hj. A. Nurmalia, SH,MH. Beliau menyampaikan terkait Penilaian dan Pemberian Penghargaan Inovasi Daerah cara pengisian data Indeks Inovasi Daerah pada Aplikasi Indeks Inovasi Daerah. (Litbang/baim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berikutnya